UJIAN ONLINE SEMINAR DAN PENUTUPAN PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III POLA KEMITRAAN ANGKATAN KE-176, 177 DAN 178 PROVINSI JAWA TIMUR DI KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2020

UJIAN SEMINAR EVALUASI PELAKSANAAN AKTUALISASI PESERTA LATSAR 

Pelatihan Dasar (Latsar) Calon PNS Golongan III Pola Kemitraan Angkatan Ke-176, 177, dan 178 di Kabupaten Pasuruan Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh BKPPD Kabupaten Pasuruan bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur sesuai jadwal dimulai pada tanggal 29 Januari 2020 s.d 15 Februari 2020. Kegiatan Latsar terbagi dalam 3 tahap, yaitu: Tahap I Pembelajaran klasikal (in class), Tahap II Habituasi (off class), Tahap III evaluasi (in class). Ketika memasuki tahap II (habituasi) peserta kembali ke instansi asal untuk melaksanakan aktualisasinya terjadilah pandemic covid-19, sehingga pelaksanaan tahap III (evaluasi) sempat tertunda. Akhirnya untuk pertama kalinya BKPPD Kab. Pasuruan pada tanggal 22 s/d 30 Juni 2020 menyelenggarakan evaluasi pelaksanaan aktualisasi (seminar), post test, dan upacara penutupan Latsar CPNS secara virtual melalui online. Pandemic Covid-19 tidak menyurutkan panitia penyelenggara untuk terus berinovasi agar kegiatan tetap dapat berjalan dengan lancar.

Di tengah Pandemi Covid-19 Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah mewajibkan mematuhi dan melakukan Protokol Kesehatan, guna meredam dan mencegah penyebaran Virus Corona dengan cara mengurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang. Karena faktor tersebut, maka Ujian Seminar Evaluasi Pelaksanaan Aktualisasi kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan 176, 177 dan 178 yang diselenggarakan Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Daerah Kabupaten Pasuruan dan bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur harus dilaksanakan dengan menggunakan media Daring Video Teleconference. Teknologi Informasi saat ini sangat membantu untuk melaksanakan kegiatan jarak jauh dengan mengurangi tatap muka secara langsung.

Seminar Evaluasi Pelaksanaan Aktualisasi Pelatihan Dasar tersebut dilaksanakan sebagai tindaklanjut Rancangan Aktualisasi Pelatihan Dasar yang telah dilakukan seminar pada periode sebelumnya. Hasil seminar Evaluasi Pelaksanaan Aktualisasi Pelatihan Dasar merupakan hasil dari masa habituasi. Habituasi memfasilitasi peserta untuk melakukan proses aktualisasi dengan membiasakan diri terhadap kompetensi yang telah diperolehnya melalui berbagai mata pelatihan yang telah dipelajari. Peserta dibekali dengan konsepsi dan tahap aktualisasi, penyusunan dan penyajian rancangan aktualisasi, pelaksanaan aktualisasi di unit kerja, dan penyajian hasil aktualisasi di tempat kerja dengan menyajikan berbagai bukti belajar yang relevan. Seminar Pelaksanaan Aktualisasi melahirkan ide/gagasan kreatif untuk menyikapi isu-isu yang ada di unit kerjanya.

Kegiatan Ujian Seminar ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai tanggal 22 Juni 2020 s/d 24 Juni 2020 yang terbagi menjadi 3 tahap yaitu :

  • Angkatan 176 dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2020
  • Angkatan 177 dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2020
  • Angkatan 178 dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2020

Kegiatan ini diikuti oleh 100 CPNS dari beberapa instasi dan unit kerja di Kabupaten Pasuruan. Kegiatan dapat berlangsung dengan lancar dan tanpa terdapat kendala, hal ini buah dari kerjasama yang baik antara BKPPD Kabupaten Pasuruan dengan BPSDM Provinsi Jawa Timur, Widyaiswara, Penguji dan para Mentor dari peserta Latsar. Semoga dengan berakhirnya kegiatan seminar ini, para peserta Latsar dapat menjadi agen of change/agen perubahan dengan mengimplementasikan hasil aktualisasinya di unit kerjanya sehingga membentuk SDM PNS yang berkualitas.

UPACARA PENUTUPAN PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III POLA KEMITRAAN ANGKATAN KE-176, 177 DAN 178 PROVINSI JAWA TIMUR DI KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2020

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten Administrasi Umum Bapak Ir. Trijono Isdijanto didampingi Kepala BKPPD Bapak Drs. Henis Widiyanto, M.M serta Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Manajerial Bapak Ir. Aries Irwansyah, B.E,. M.M. menutup secara resmi Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Pola Kemitraan Angkatan Ke-176, 177 Dan 178 Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Pasuruan Tahun 2020 yang dilaksanakan melalui daring video telencerence yang bertempat di Ruang Rapat Staf Ahli Jln. Hayam Wuruk No. 14 Pasuruan (selasa, 30/06/2020).

“Pelatihan dasar CPNS merupakan  penyempurnaan dan pangayaan konsep diklat prajabatan yang dilakukan dengan mengembangkan desain diklat terintegrasi sejalan dengan perkembangan dinamika tuntutan jabatan dan penguatan terhadap kompetensi bidang sesuai dengan formasi jabatan yang ditetapkan,” ucap Ir. Trijono Isdijanto saat memberikan sambutan.

Ir. Trijono Isdijanto juga menyampaikan bahwa melalui  pendidikan  dan pelatihan  inilah  pemerintah  ingin  menciptakan  PNS  yang dapat memberikan gagasan dan inovasi.  Keberhasilan saudara menempuh jenjang  diklat latsar ini mengandung konsekuensi yang tidak ringan sebab saudara-saudara dituntut untuk mampu menunjukkan perubahan positif dan peningkatan kualitas baik dari aspek kinerja, dan sikap perilaku.

Lebih lanjut beliau juga menjelaskan penyelenggaraan diklat ini dapat dikatakan benar-benar berhasil apabila alumninya tidak saja mengalami penambahan ilmu, kemampuan dan ketrampilan  namun juga dapat mengaplikasikannya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sesuai dengan aktualisasi yang saudara susun.

Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Manajerial Bapak Ir. Aries Irwansyah, B.E,. M.M.yang juga terhubung secara online dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada semua peserta yang telah lulus. “berharap kompetensi dan kinerja kekinian sebagai pelayan masyarakat yang profesional terutama dibidang pendidikan lebih baik kedepan”, ungkapnya. Selain itu alumni pelatihan dasar diharapkan ketika kembali bertugas tempat kerja menunjukan sikap, perilaku & disiplin sebagai PNS, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS, mengaktualisasikan kedudukan & peran PNS dalam kerangka NKRI, dan menunjukan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugasnya.

Sebelumnya, acara dimulai dengan Laporan Penyelenggara yang disampaikan oleh dan juga Kepala Bidang Pengembangan SDM Ibu Enidah Made Ruswati, M.Pd. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Struktural BKPPD.Dalam Laporannya Ibu Enidah Made Ruswati, M.Pd. menuturkan bahwa Pelatihan Dasar ini diikuti oleh 100 CPNS yang berasal dari beberapa Instasi di Kabupaten Pasuruan.

“Untuk mencapai kompetensi PNS yang professional, peserta Latsar harus memahami dan menguasai kurikulum yang telah diberikan oleh Widyaiswara/Narasumber. Setelah memahami kurikulum yang telah disampaikan, peserta di evaluasi yang difokuskan pada komponen diantaranya Sikap perilaku, penilaian akademik, penilaian penguatan teknis bidang tugas, penilaian rancangan aktualisasi dan penilaian pelaksanaan aktualisasi” ucap Ibu Enidah Made Ruswati, M.Pd.

Selain itu Ibu Enidah Made Ruswati, M.Pd. juga menyampaikan bahwa dari 100 CPNS dinyatakan lulus semua dengan hasil 11 peserta mendapat predikat sangat memuaskan, 89 peserta mendapat predikat memuaskan.

 

 

Berita Terkait

Konsultasi publik bagi Calon ASN (CPNS / PPPK Guru / PPPK Non Guru) yang telah mengabdi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan

Untuk mengikuti konsultasi publik bagi Calon ASN (CPNS / PPPK Guru / PPPK Non Guru) yang telah mengabdi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dapat mengklik tautan dibawah ini sesuai jadwal yangRead More

Pemkab Pasuruan Buka Ruang Konsultasi Virtual bagi Pendaftar Seleksi CASN dan PPPK

Pemerintah Kabupaten Pasuruan membuka ruang konsultasi secara virtual bagi para peserta penerimaan CPASN (calon pegawai aparatur sipil negara) tahun 2021 yang masih kesulitan dalam pengisian berkasRead More

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Daerah

Akuntabilitas, sebagai salah satu pilar tata kepemerintahan yang baik, merupakan pertanggungjawaban atas mandat yang melekat pada suatu lembaga. Dengan landasan pemikiran tersebut, maka Laporan KinerjaRead More

No Comments

Tuliskan Komentar